PENGGUNAAN STRATEGI SELF-UNDERSTANDING PADA KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MEMILIH KARIER KELAS IX B DI SMP NEGERI 57 SURABAYA

Putri, Fita Widya (2021) PENGGUNAAN STRATEGI SELF-UNDERSTANDING PADA KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MEMILIH KARIER KELAS IX B DI SMP NEGERI 57 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (630kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (159kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (863kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putri, Fita Widya. 2021. “Penggunaan Strategi Self-Understanding
pada Konseling Kelompok untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa dalam Memilih Karier Kelas
IX B di SMP Negeri 57 Surabaya”. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Dr. Hartono, M.Si.
Kata kunci: strategi self-understanding, konseling kelompok,
kepercayaan diri dalam memilih karier.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan
strategi self-understanding pada konseling kelompok untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam memilih karier. Populasi
penelitian ini adalah para siswa kelas IX B SMP Negeri 57 Surabaya
yang berjumlah 30 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel
sebanyak 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Data penelitian yang digunakan yaitu menggunakan data
kepercayaan diri siswa dalam memilih karier yang dikumpulkan
dengan menggunakan metode skala pengukuran yang dikembangkan
oleh peneliti. Skala pengukuran sebelum digunakan untuk
mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba
untuk melakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha
Cronbach. Uji validitas butir skala pengukuran kepercayaan diri
siswa dalam memilih karier nilai signifikannya 0,00-0,05. Sedangkan
uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,693. Data pre-test dan posttest dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi
20 dengan teknik analisis uji t independen statistika parametrik
setelah dilakukan uji asumsi normalitas sebaran dan uji homogenitas
variansi. Jadi, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan strategi self-understanding pada konseling kelompok
secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam
memilih karier kelas IX B SMP Negeri 57 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:29
Last Modified: 07 Dec 2022 07:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item
View Item