PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELFMANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VII SMPN 2 GEDANGAN-SIDOARJO

AFANDI, ROBY (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELFMANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VII SMPN 2 GEDANGAN-SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (232kB)
[thumbnail of BAB I pdf.pdf] Text
BAB I pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (218kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka .pdf] Text
Daftar Pustaka .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (332kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Afandi, Roby. 2017. Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management
dalam Konseling Kelompok terhadap Perilaku Membolos
Siswa Kelas VII SMPN 2 Gedangan Sidoarjo. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing Boy Soedarmadji, S.Pd.,
M.Pd.
Kata Kunci : strategi self-management, konseling kelompok, perilaku
membolos.
Perilaku membolos siswa adalah suatu perilaku dimana siswa
tidak mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas tanpa keterangan,
melarikan diri dari aktifitas sekolah disebabkan kurangnya pengendalian
tingkah laku. Ada beberapa indikator siswa membolos antara lain yaitu :
Tidak masuk sekolah tanpa izin, Sering keluar pada jam pelajaran
tertentu, Tidak masuk kelas lagi setelah jam istirahat , Berhari-hari tidak
masuk sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan stategi self-management dalam konseling kelompok untuk
mengurangi perilaku membolos siswa kelas VII SMPN 2 Gedangan
Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitianpre-test and post-test desaign. Subjek penelitian ini berjumlah
113 siswa yang ditentukkan dengan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah absensi siswa selama 2
minggu. Validitas instrumen dilakukan menggunakan validitas item
dengan uji coba terhadap 38 siswa. menghasilkan item valid yaitu 8
vii
butir soal, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha
Cronbach sebesar 0,624. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan SPSS for Windows versi 16,0 dengan
analisis data statistika non parametrik yang menggunakan teknik uji
Wilcoxon.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program aplikasi
SPSS for Window versi 16.0 dengan teknik analisis statistik yang
digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test untuk melihat perbedaan
kelompok pretest dan kelompok posttest dengan terlebih dahulu
menghitung perbedaan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil
analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan strategiself-management dalamkonseling kelompok
terhadap perilaku membolos siswa kelas VII SMPN 2 Gedangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:11
Last Modified: 24 Nov 2022 07:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item
View Item