PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SURABAYA

Maulana, Dwi Agus (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (462kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (347kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (253kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Maulana, Dwi Agus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball
Throwing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas
VIII SMP PGRI 1 Surabaya Materi SPLDV. Program Studi
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Pembimbing Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. dan Sari
Cahyaningtias, S.Si., M.Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat dan hasil
belajar matematika karena model pembelajaran yang dipakai di SMP
PGRI 1 Surabaya yaitu model pembelajaran konvensional. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran snowball
throwing terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa
kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dari
penelitian ini adalah kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya yang
berjumlah 5 kelas. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelas yang
diambil secara sampel random sampling yaitu kelas VIII-A sebegai
kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol.
Dalam penelitian ini untuk mengetahui minat dan hasil belajar
siswa dilakukan dengan pemberian angket dan soal post-test,
sehingga diperoleh rata-rata angket 75,857, soal post-test 73,857
kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol rata-rata angket 65,8 dan
soal post-tes 62,6. Dalam uji normalitas diperoleh Chi kuadrat angket
kelas eksperimen
2
hitung
2
tabel = 6,168 11,0705 dan Chi kuadrat
post-test
2
hitung
2
tabel = 8,438 11,0705 sedangkan Chi kuadrat
angket kelas kontrol
2
hitung
2
tabel = 2,412 11,0705 dan Chi
kuadrat post-test
2
hitung
2
tabel = 8,519 11,0705. Uji
homogenitas angket diperoleh Fhitung Ftabel atau 1,697 1,772 dan
post test diperoleh Fhitung Ftabel atau 1,498 1,772. Setelah
dilakukan uji t didapatkan minat belajar thitung > ttabel yaitu 2,198
vi
1,9977 dan hasil belajar thitung > ttabel yaitu 3,649 1,9977, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembeljaran
snowball throwing terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII
SMP PGRI 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:44
Last Modified: 21 Nov 2022 07:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item
View Item