PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LOGARITMA SISWA KELAS X IPA MAN SIDOARJO

Sa’adah, Samilatus (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LOGARITMA SISWA KELAS X IPA MAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (156kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sa’adah, Samilatus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery
Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Persamaan Logaritma
Siswa Kelas X-IPA Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Dosen
Pembimbing I : Hanim Faizah, S.Si.,M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil
Belajar.
Keberhasilan suatu pembelajaran dapat diukur dari
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
Berkenaan dengan hal ini peneliti ingin meneliti hasil belajara siswa
yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning.
Model Pembelajaran Discovery Learning merupakan pembelajaran
yang menitik beratkan pada proses pemecahan masalah, sehingga
siswa harus lebih aktif agar dapat menentukan konsep sendiri.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning
terhadap hasil belajar matematika materi persamaan logaritma siswa
kelas X-IPA Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen semu. Keseluruhan sampel berjumlah 66
siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data
hasil post tes diperoleh t-hitung (5,952) > t-tabel (1,997). Hasil
penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
analisis data disimpulkan bahwa, pada saat proses pembelajaran
siswa melaksanakan tugas yang di berikan dengan tertib. Mereka
bekerja sama dengan baik dan siswa juga aktif dalam bertanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:49
Last Modified: 21 Nov 2022 07:38
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item
View Item