PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI-IPA MAN SIDOARJO

Sugiarti, Wahyu Putri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI-IPA MAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (678kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (279kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (282kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (528kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sugiarti, Wahyu Putri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MAN Sidoarjo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. Prayogo, M.Kom.
Kata Kunci : TGT, pengaruh, hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI
IPA MAN Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan
bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental
Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA
MAN Sidoarjo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling, dengan kelas XI IPA 4 sebagai
kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model
pembelajaran konvensional.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes
tulis dengan memberikan pre-test dan post-test pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol untuk mengukur hasil belajar.
Instrumen soal sebelum digunakan untuk pengambilan data
divalidasi terlebih dahulu oleh guru pamong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas XI IPA MAN Sidoarjo. Hal ini dapat
dibuktikan dari perhitungan statistik dari rata-rata post-test kelas
kontrol sebesar 85,541 dan rata-rata post-test kelas eksperimen
sebesar 89,166 diperoleh thitung sebesar 4,801 dan ttabel (α=5% dan dk
= 70) sebesar 1,994437 yang berarti thitung (4,801) > ttabel (1,994437),
dengan demikian maka H0 diterima. Hal ini berarti pembelajaran
dengan model kooperatif tipe TGT memberi pengaruh yang besar
terhadap tingginya hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:03
Last Modified: 21 Nov 2022 08:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item
View Item