PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MAMBAUL IHSAN GRESIK

Setyawan, Ibnu Abbas (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MAMBAUL IHSAN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (474kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (142kB)
[thumbnail of 4. BAB 1 fix.pdf] Text
4. BAB 1 fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (206kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Setyawan, Ibnu Abbas. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas X SMK Mambaul Ihsan Gresik”, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika,
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing Drs. Susilo
Hadi, M.Pd. dan Rani Kurnia Putri, S.Si., M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena
bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena
dianggap sulit yang mengakibatkan prestasi matematikanya rendah.
Padahal kesulitan yang dihadapi oleh siswa dikarenakan tidak
mampunya siswa menerima dan memahami materi yang di ajarkan.
Oleh karena itu guru mampu memposisikan diri dan menerapkan
metode pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang
diajarkan salah satunya yaitu metode pembelajaran Problem Based
Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada
pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas X SMK Mambaul Ihsan Gresik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) pendekatan
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, (2) jenis
penelitian yang digunakan adalah membandingkan kelas eksperimen
dan kelas kontrol, (3) instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa pretest dan postest(4) teknik analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas,uji homogenitas dan uji-t.
Setelah peneliti memperoleh data, selanjutnya peneliti
menganalisis dengan menggunakan uji-t, dari hasil analisis dapat
diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based
learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK
Mambaul Ihsan Gresik dengan nilai (thitung =10,24946 >
ttabel=2,04841)dan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem
based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK
Mambaul Ihsan Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:20
Last Modified: 21 Nov 2022 07:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item
View Item