PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 WRINGINANOM

NISA, MALA FEMILYA KHOIRUN (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 WRINGINANOM. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (303kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (163kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nisa, Mala Femilya Khoirun. 2019. Pengaruh Metode Mind mapping
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1
Wringinanom. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.
Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Moh.Syukron Maftuh, S.Pd.,
M.Pd. dan Fenny Fitriani, S.Si., M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind mapping, SPLDV
Penentuan metode pembelajaran perlu dipertimbangkan dalam
pelaksanaan proses pembelajaran. Setiap metode pengajaran yang
sering diterapkan hanya cenderung mengaktifkan salah satu otak
siswa.Salah satu cara untuk mengaktifkan kedua sisi otak siswa yaitu
dengan penggunaan metode Mind Mapping, karena metode mind
mapping secara harfiah akan memetakan pikiran siswa. Jika kedua otak
manusia diaktifkan secara bersamaan memungkinkan terjadinya
keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti
melakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran mind
mapping. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh metode
mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah true experiment design dengan design
penelitianPretest Protest Control Group Design. Peneliti menggunakan
teknik random sampling dalam pengambilan sampel. Instrumen dalam
penelitian ini adalah lembar tes objektif pilihan ganda.Dari hasil
penelitian didapatkan nilai t hitung sebesar 0,415 ,dengan t tabel
sebesar 2,000. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan bahwa tidak
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan tidak terdapat pengaruh
metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:45
Last Modified: 21 Nov 2022 08:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item
View Item