Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kesiapan Perencanaan Karier Siswa Kelas IX SMPN 3 Krian Sidoarjo

Fadila, Rifqi (2021) Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kesiapan Perencanaan Karier Siswa Kelas IX SMPN 3 Krian Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (839kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (133kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kesiapan perencanaan karier siswa kelas IX C SMPN 3 Krian Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas IX C SMPN 3 Krian Sidoarjo berjumlah 31 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 6 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian yaitu data kesiapan perencanaan karier siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode skala pengukuran yang dikembangkan peneliti. Skala pengukuran sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan try-out untuk melakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Uji validitas butir skala pengukuran kesiapan perencanaan karier siswa nilai signifikannya 0,00- 0,0005. Sedangkan uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,692. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 20.0 dengan teknik analisis uji t independen statistika parametrik setalh dilakukan uji asumsi normalitas sevaran dan uji homogenitas variansi. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan kesiapan perencanaan karier siswa kelas IX C SMPN 3 Krian Sidoarjo.
Kata kunci: Konseling kelompok, strategi restrukturing kognitif, kesiapan, perencanaan karier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:20
Last Modified: 12 Dec 2022 03:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item
View Item