Pengembangan Media Redi (Roda Efikasi Diri) Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya

Kristanti, Teofani Irene (2021) Pengembangan Media Redi (Roda Efikasi Diri) Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (826kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (143kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat efikasi diri siswa SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya yang beragam. Beberapa siswa menunjukkan ciri-ciri kurangnya efikasi diri. Pemberian layanan Bimbingan dan Konseling belum pernah diulas mengenai efikasi diri siswa. Pemberian layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya sudah menggunakan beberapa macam media, namun belum pernah menggunakan media interaktif berupa permainan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media REDI (Roda Efikasi Diri) yang efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan media, dan 3) uji media. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya yang diambil secara simple random sampling menggunakan aplikasi “Spin the Wheel”. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa skala efikasi diri, wawancara terbuka, dan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna untuk melihat kelayakan dari media yang dikembangkan. Analisis data penilaian ahli materi dan ahli media menggunakan tabulasi Inter-rater Agreement Model. Berdasarkan penilaian ahli materi dihasilkan skor rata-rata 0,81 dengan kategori layak. Berdasarkan penilaian ahli media dihasilkan skor rata-rata 0,93 dengan kategori layak. Adapun hasil penilaian uji vi pengguna sebesar didapatkan hasil sebesar 96,67% dengan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Untuk mengetahui keefektifan media permainan REDI untuk meningkatkan efikasi diri siswa akan diukur menggunakan analisis Paired Samples T Test, yakni dengan membandingkan antara nilai thitung dengan ttabel perbedaan ratarata pretest dan posttest. Diperoleh hasil skor thitung sebesar 1,172 dan ttabel adalah 0,727. Hasil yang diperoleh thitung 1,172 > ttabel 0,727, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan media permainan REDI efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa. Penelitian dan pengembangan ini memberikan kontribusi dalam ilmu Bimbingan dan Konseling khususnya media BK yang dapat meningkatkan efikasi diri.
Kata Kunci: media REDI (Roda Efikasi Diri), media bimbingan dan konseling, efikasi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:15
Last Modified: 12 Dec 2022 03:19
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item
View Item