Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Nilamsari, Nicken (2021) Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (905kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (56kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (154kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SMP Negeri 3 Waru yang kesulitan untuk memahami soal cerita matematika. Hal ini disebabkan karena siswa belum dapat memahami bagian-bagian dan informasi penting yang terdapat dalam soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP Negeri 3 Waru dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV yang ditinjau dari gaya kognitif. Terdapat 3 jenis proses berpikir, yaitu proses berpikir konseptual, proses teknik berpikir semi konseptual, dan proses berpikir komputasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian in adalah tes dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah tes pemecahan masalah yang terdiri dari 2 butir soal uraian dan wawancara terhadap 2 siswa dengan gaya kognitif FI dan 2 siswa dengan gaya kognitif FD. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif oleh Miles dan Huberman. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu, yaitu dengan cara membandingkan hasil tes dan wawancara siwa pada tahap I dan tahap II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI dalam memecahkan masalah matematika memiliki proses berpikir konseptual. Sedangkan, siswa dengan gaya kognitif FD dalam memecahkan masalah matematika, sebagian besar tahapan yang dilalui merupakan proses berpikir semi konseptual.
Kata Kunci : Proses Berpikir, Gaya Kognitif, Field Independent, Field Dependent

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:15
Last Modified: 14 Dec 2022 06:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item
View Item