PENGARUH KEGIATAN MENANAM BIJI KACANG HIJAU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK INSAN KAMILA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

PRIHASTUTI, RENIKE (2020) PENGARUH KEGIATAN MENANAM BIJI KACANG HIJAU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK INSAN KAMILA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan .pdf] Text
1. Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (436kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (154kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (312kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (741kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Prihastuti, Renike. 2019. Pengaruh Kegiatan Menanam Biji Kacang Hijau Terhadap
Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun RA Insan Kamila Kecamatan
Taman Kabupaten Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: Made Ayu Anggreni, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Biji Kacang Hijau, Kegiatan, Kemampuan Kognitif
Menanam biji kacang hijau berarti menaruh biji kacang hijau di dalam tanah
atau media tanam lainnya untuk ditumbuhkan dan dikembangbiakkan. kacang hijau
merupakan jenis tanaman palawija yang dibudidayakan pada musim kemarau yang
umur tanamnya pendek sekitar 50-100 hari, pertumbuhan kacang hijau dapat diukur
dengan pernyataan suatu bilangan yang mampu mengembangkan kemampuan
kognitif anak. Kemampuan kognitif yaitu, individu mampu menghitung, memahami
konsep, membandingkan, menalar, dan mempertimbangkan suatu kejadian, peristiwa
kognitif berasal dari bahasa inggris “intellect” diartikan sebagai: proses kognitif, daya
menghubungkan, kemampuan menilai, dan kemampuan mempertimbangkan, proses
berpikir, Kognitif juga dapat diartikan dengan potensi intelektual individu yang
terdiri dari beberapa tahapan: pengetahuan, pemahaman, penerapan, dananalisa.
Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah Adakah pengaruh kegiatan
menanambijikacanghijau terhadapkemampuan kognitifanakusia5- 6 tahun di RA Insan
Kamila Krian Sidoarjo?”. Fakta yang terlihat di RA Insan Kamila, yang berjumlah 20
siswa di RA Insan Kamila karena 4 anak tidak mengetahui biji kacang hijau,6 anak
belum mengetahui cara menanam biji kacang hijau, 7 anak belum pernah melihat
bagaimana tumbuhnya tanaman, dan hanya 3 anak yang mampu dan paham nama
pohon dan biji-bijian.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif One Grup
Pretest-Postest design dengan populasi 20 anak usia 5-6 tahun. Data diambil dengan
teknik analisis data menggunakan t-test (uji t). Hasil dari penelitian ini t hit yaitu 31,3
lebih besar dari t tabel yaitu 1,73 maka (H0) ditolak, maka (H1) diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa kegiatan menanam biji kacang hijau berpengaruh pada
kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun RA Insan Kamila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:58
Last Modified: 11 Nov 2022 03:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item