PENGARUH METODE BCCT (Metode Beyond Centers and Circle Times) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK,KB AGRIPINA SURABAYA

Beda, Hermina Salan PutrI (2020) PENGARUH METODE BCCT (Metode Beyond Centers and Circle Times) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK,KB AGRIPINA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (754kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (93kB)
[thumbnail of 3. BAB I .pdf] Text
3. BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Beda, Hermina Salan Putri 2019. Pengaruh Metode
BCCT(Beyond Centers And Circle Time) Terhadap
Kemampun Berhitung Anak Usia Prasekolah TK, KB
Agripina Surabaya. Skripsi program studi Pendidikan
anak usia dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Drs. Aisyah,S,psi.,M.Pd.
Kata Kunci : metode BCCT ,kemampuan berhitung, anak usia
prasekolah
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya
penggunaan metode BCCT(Beyond Centers And Circle Time)
dalam pembelajaran di TK, dalam hal ini untuk
mengembangkan kemampuan berhitung anak maka sangat
dibutuhkan metode pembelajaran yang menarik seperti
metode BCCT(Beyond Centers And Circle Time), karena
dengan menggunakan metode BCCT(Beyond Centers And
Circle Time) banyak kegiatan yang unik, baru bagi anak dan
menyenangkan sehingga dalam mengembangkan kemampuan
berhitung anak dapat optimal tanpa membuat anak bosan dan
jenuh , anak-anak di TK Agripina ini kurang dikembangkan
kemampuan berhitungnya karena itu banyak anak yang belum
bisa berhitung, Mengembangkan kemampuan berhitung anak
dapat membantu anak dalam menyiapkan diri untuk masuk
ke sekolah dasar , hal ini dapat memudahkan anak untuk
berhitung karena anak sudah mengetahui dasarnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah
ppengaruh metode BCCT(Beyond Centers And Circle Time)
terhadap kemampaun berhitung anak usia prasekolah di TK,
KB Agripina Surabaya.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuntitatif menggunakan jenis Pre-Eksperienental Design
dengan bentuk One Group Protest-PostestDevign. Penelitian
kuantitatif ini memiliki 3 tahapan yaitu pretest, treatment
perlakuan dan posttest Pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah adanya pengaruh metode
BCCT(Beyond Centers And Circle Time) terhadap
kemampuan kognitif anak usia prasekolah TK, KB Agripina,
hal ini dibuktikan dari data pre-test dan post-test yang didapat
menggunakan SPSS v.20 yang menunjukkan bahwa nilai sig
yang diperoleh adalah 0,000 < 0,025, maka Ho ditolak secara
otomatis Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:32
Last Modified: 11 Nov 2022 03:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item
View Item