ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERBASIS POLYA

Ulum, Luluk Nisbatul (2019) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERBASIS POLYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (533kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (172kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ulum, Luluk Nisbatul. 2019. Analisis Keterampilan Metakognitif
Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis
Polya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Dr. Sunyoto Hadi P., S.T.,
M.Pd.
Kata Kunci : keterampilan metakognitif, soal cerita, pemecahan
masalah Polya
Keterampilan metakognitif mempunyai peranan penting dalam
memecahkan masalah. Keterampilan metakognitif adalah
kemampuan seseorang dalam melaksanakan perencanaan,
pemantauan, dan penilaian terhadap proses berpikirnya dalam setiap
tahapan pemecahan masalah yang dilakukan. Keterampilan
metakognitif dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah
dan dapat mencegah terjadinya banyak kesalahan dalam
menyelesaikan masalah matematika, khususnya dalam
menyelesaikan soal cerita matematika.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara yang
bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa
dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis Polya. Subjek
pada penelitian ini terdiri dari tiga siswa dengan satu siswa
berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data
dianalisis berdasarkan indikator keterampilan metakognitif yaitu
perencanaan, pemantauan, dan penilaian dengan masing-masing
keterampilan bisa muncul pada setiap tahapan pemecahan masalah
Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian,
melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan metakognitif
siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal
cerita matematika berbasis Polya lebih detail daripada siswa
berkemampuan sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:30
Last Modified: 25 Nov 2022 02:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item
View Item