PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN AJARAN 2018/2019

Purnama, Nurani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (371kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (121kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Purnama, Nurani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Tahun Ajaran
2018/2019. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Erlin Ladyawati, S.Pd.,
M.Pd., (2) Ninik Mutianingsih, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TTW, hasil belajar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write
(TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan dan
pertidaksamaan logaritma kelas X MIA SMA Intensif Taruna
Pembangunan Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian true experimental design. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes yaitu posttest.
Dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Intensif Taruna
Pembangunan Surabaya yang berjumlah 3 kelas. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling yang
menghasilkan dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah 34
siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 dengan jumlah
36 siswa sebagai kelas kontrol.
Peneliti menganalisis data dengan menggunakan Uji-t.
Diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 5,2788 > 1,995. Hal ini berarti H0
ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan model pembelajaran
Direct Instruction pada siswa kelas X MIA SMA Intensif Taruna
Pembangunan Surabaya maka “Ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Tahun Ajaran
2018/2019”. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat
dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat
diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:47
Last Modified: 25 Nov 2022 01:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item
View Item