PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII DI SMPN 48 SURABAYA

Hikmah, Atik Ziadatul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII DI SMPN 48 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (378kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (454kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (283kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSATAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSATAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ziadatul Hikmah, Atik. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Course
Review Horay Terhadap Hasil Belajar matematika Materi
Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMPN 48 Surabaya. Program
Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing:
Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Pembelajaran
Konvensional.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
matematika, pembelajaran matematika yang didominasi oleh guru
mengakibatkan siswa pasif dalam pembelajaran, guna mengatasi masalah
tersebut guru harus mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran
yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, salah satunya
yang digunakan peneliti adalah model pembelajaran Course Review Horay
(CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Course
Review Horay (CRH) lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang
diajar dengan model pembelajaran konvensional kelas VIII di SMPN 48
Surabaya. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan
quasi eksperimental design yang berbentuk post-test only control design.
Pengumpulan data menggunakan metode tes yaitu tes hasil belajar.
Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMPN 48 Surabaya yang berjumlah
8 kelas. Dengan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive
sampling, sampel penelitian ini, yaitu kelas VIII G sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol masing-masing
berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t.
Ditunjukkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Course
Review horay (CRH) mendapatkan ≥ dengan 2.79 ≥ 1.995.
Dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Course Review horay
(CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa materi persamaan garis
lurus kelas VIII di SMPN 48 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:58
Last Modified: 25 Nov 2022 01:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item
View Item