PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK JAMBANGAN JAYA SURABAYA

GRACIA, ALBERTHA FEBRINA (2021) PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK JAMBANGAN JAYA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (514kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (146kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Gracia, Albertha Febrina. 2021. Pengaruh Kegiatan Kolase
Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Peserta Didik
Kelompok A TK Jambangan Jaya Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi.,M.Psi
Kata Kunci: Kegiatan Kolase,Kemampuan Mengenal Warna.
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan mengenal
warna dasar merah, kuning, biru pada anak kelompok A di TK
Jambangan Jaya Surabaya yang masih rendah. Disebabkan
kurangnya media dalam pemanfaatan proses pembelajaran. Guru
sebatas menggunakan metode tanya jawab sehingga kurang menarik
minat dan perhatian anak terhadap materi yang disampaikan oleh
guru. Tujuan yang ingin di capai pada penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh kegiatan kolase terhadap kemampuan
mengenal warna dasar pada anak kelompok A di TK Jambangan Jaya
Surabaya.
Mengenal warna merupakan salah satu indikator di dalam
bidang pengembangan kognitif, sedangkan kolase merupakan salah
satu indikator di dalam bidang pengembangan motorik halus, dengan
demikian kedua indikator tersebut bisa di gabungkan menjadi
kegiatan yang menarik sehingga dengan mudah di pahami oleh anak.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan design
penelitianone grup pretest posttestdesign. Sampel yang di gunakan
dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok A TK Jambangan Jaya
Surabaya. Dalam hal ini pengumpulan data menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil t hitung 13,28 dan t
tabel 1,72 pada taraf signifikasi 0,05. T hit > t tabel. Artinya ada
pengaruh antara kegiatan kolase dan kemampuan mengenal warna
kelompok A di TK Jambangan Jaya Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:44
Last Modified: 11 Nov 2022 04:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item
View Item