EFEKTIVITAS STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pritasari, Erta (2019) EFEKTIVITAS STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (620kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (123kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (216kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Efektivitas, pembelajaran matematika , Strategi
Learning Start with a Question (LSQ).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan pengalaman saat
observasi di SMPN 1 Taman, banyak guru matematika yang belum
menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa pasif saat
pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu peneliti menggunakan
salah satu strategi pembelajaran aktif agar siswa ikut serta aktif
dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui efektivitas strategi Learning Start with a Question
(LSQ) dalam pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus,
di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Taman, Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, metode
penelitian kualitatif dinamakan sebagai metode baru, karena
popularitasnya belum lama, metode penelitian kualitatif sering
disebut metode penelitian naturalistik, yaitu metode penelitian yang
digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (natural
setting). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa VIII-E di
SMPN 1 Taman. Untuk memperoleh data penelitian maka
pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes.
Hasil dari penelitian ini adalah tingkat keaktifan siswa sangat
aktif, respon siswa positif dan hasil belajar siswa tuntas secara
klasikal.
Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi
Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran matematika
materi Persamaan Garis Lurus di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Taman,
Sidoarjo dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:29
Last Modified: 25 Nov 2022 01:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item
View Item