PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SEDATI

Damayanti S, Dahlia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SEDATI. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (617kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (96kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Hasil belajar, discovery learning,bentuk alabar
Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
adalah model pembelajaran Discovery Learning. Model
Pembelajaran Discovery Learning ini mengutamakan kegiatan siswa
menemukan sendiri konsep matematika, berdasarkan materi yang
sedang dipelajari dan dapat melatih siswa dalam mengingat materi
yang sudah dipelajari.
Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan
penerapan model pembelajaran discovery learning dengan model
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada materi bentuk
aljabar kelas VII SMPN 1 Sedati tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dengan
rancangan true eksperimental design yang berbentuk post-test only
control design. Populasinya adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Sedati
berjumlah 11 kelas. Dengan teknik simple random sampling, sampel
penilitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol berjumlah 30
dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen berjumlah 30. Teknik
analisis data penilitian ini menggunakan uji-t.
Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning mendapatkan hasil ,
yaitu . Hal ini berarti diterima dan ditolak yang
menyatakan a perbedaan hasil belajar matematika dengan
menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model
konvensional pada materi bentuk aljabar kelas VII. Dapat
disimpulkan ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil
belajar pada materi bentuk aljabar kelas VII SMPN 1 Sedati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:33
Last Modified: 25 Nov 2022 00:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item
View Item