ANALISIS BERFIKIR KREATIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF di SMPN 22 SURABAYA

Dwiyanti, Suci (2019) ANALISIS BERFIKIR KREATIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF di SMPN 22 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. halam judul , lembarr pengesahan, persetujuan.pdf] Text
1. halam judul , lembarr pengesahan, persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (119kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: berfikir kreatif, pemecahan masalah matematika, gaya
kognitif.
Dalam pembelajaran matematika kreativitas siswa sangat
dibutuhkan terutama dalam menyelesaikan soal-soal yang melibatkan
siswa untuk berpikir kreatif, dimana siswa diharapkan dapat
mengemukan ide-ide baru yang kreatif dalam menganalisis dan
menyelesaikan soal. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan
kemampuan berfikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah
matematika melalui empat indikator berpikir kreatif, yaitu
fluence(kelancaran), flexibelity (keluwesan), orginality (keaslian),
elaboration (penguraian) dengan tahap pemecahan masalah teori polya:
memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan
pemecahan masalahh dan mengecek kembali pada materi himpunan
ditinjau dari gaya kognitif field Independent dan field Dependent.
Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Metode pengumpulan data melalui instumen tes gaya kognitif group
Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan pemecahan masalah
matematika, dan tes wawancara. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa
kelas VII-K SMP Negeri 22 Surabaya yang terdiri atas satu siswa
bergaya kognitif Field Independent dan satu siswa yang bergaya
kognitif Field Dependent. Analisis data dengan mereduksi data,
menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan
bahwa siswa bergaya kognitif Field Independent lebih kreatif dalam
menyelesaikan permasalahan matematika dengan memenuhi lebih dari 4
indikator. Sementara siswa bergaya kognitif Field Dependent hanya
menguasai kurang satu dari empat indikator kemampuan berfikir kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:41
Last Modified: 25 Nov 2022 00:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item
View Item