PENGARUH MEDIA KARDUS ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PENATARAN 02 BLITAR

Makian, Wahyu Tri Wulandari (2021) PENGARUH MEDIA KARDUS ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PENATARAN 02 BLITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (477kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Makian, Wahyu Tri W. 2021. Pengaruh Media Kardus
Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep
Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A di TK
Dharma Wanita Penataran 02 Blitar. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi. M.Psi.
Kata kunci: media kardus angka, kognitif, mengenal konsep
bilangan 1-10
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif
anak dalam mengenal konsep bilangan usia 4-5 tahun yang
masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena masih
digunakannya bahasa lisan tanpa adanya benda konkret,
selain itu belum optimal dalam memanfaatkan media pada
proses pembelajaran. Selain itu pembelajaran masih berpusat
pada guru. Proses pembelajaran dilakukan dengan
menggunakan LKA yaitu Lembar Kerja Anak, maka anak
hanya akan mengikuti apa yang ada didalam lembar tersebut
sehingga anak cenderung lebih pasif. Hal tersebut dapat
membuat anak bosan dan akibatnya orang tualah yang
mengerjakan tugas tersebut.
Maka dari itu tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini
yaitu untuk mengetahui pengaruh media kardus angka
terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada
anak kelompok A di TK Dharma Wanita Penataran 02
Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-exsperimental
design dengan jenis One-Group PretestPostets Design.
Subjek penetilian yang digunakan adalah anak kelompok A
di TK Dharma Wanita Penataran 2 Blitar sejumlah 15 anak.
Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi dengan menggunakan penilaian berupa lembar observasi serta
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung= 15,6 lebih besar
dari ada t
tabel
(1,77) pada taraf signifikan 0,05. Maka
hipotesis Nol (H
0) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha
)
diterima, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada
pengaruh media kardus angka terhadap kemampuan
mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di
TK Dharma Wanita Penataran 02 Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:00
Last Modified: 11 Nov 2022 04:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item
View Item