PENGARUH MEDIA KERTAS KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK MUTIARA BANGSA SURABAYA

Chayani, Viga Tri (2020) PENGARUH MEDIA KERTAS KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK MUTIARA BANGSA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (526kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

ABSTRAK
Chayani, Viga Tri. 2020. Pengaruh media kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aisyah.,S.Psi.,M.Pd.
Kata Kunci: media kertas kokoru, kemampuan motorik halus

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan anak kelompok B pada kegiatan motorik halus seperti melakukan kegiatan menggunting, menggulung dan menempel. Perkembangan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Surabaya sangat diperlukan sebagai persiapan anak untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Hal ini dikarenakan motorik halus anak adalah life skill yang akan dibutuhkan anak dalam kehidupan selanjutnya. Dalam pembelajaran media juga harus menarik bagi anak seperti, media kertas kokoru yang dapat mengembangkan motorik halus anak. Media kertas kokoru juga dapat melatih kreativitas anak dengan berbagai variasi warna sehingga anak dapat berkreasi sesuai dengan imanjinasinya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Surabaya.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuntitatif menggunakan jenis Pre-Eksperiemental Design dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Penelitian kuantitatif ini memiliki 3 tahapan yaitu pretest, treatment/perlakuan dan posttest. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah adanya pengaruh media kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa, hal ini dibuktikan dari data pre-test dan post-test yang didapat menggunakan aplikasi SPSS v.22 yang menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak secara otomatis Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:22
Last Modified: 14 Nov 2022 07:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item