PENGARUH BDR KEGIATAN EKSPERIMEN TERAPUNG DAN TENGGELAM TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHUDI DARMA HUTAMA

Sawundari, Patresia Lea (2021) PENGARUH BDR KEGIATAN EKSPERIMEN TERAPUNG DAN TENGGELAM TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHUDI DARMA HUTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (512kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (324kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Lea, Patresia S. 2021. Pengaruh BDR Kegiatan Eksperimen Terapung Dan Tenggelam
Terhadap Perkembangan Kognitif Sains Pada Anak Usia 5 -6 Tahun Di TK
Bhudi Dharma Hutama. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adibuana
Surabaya. Pembimbing (1) Made Ayu Anggreni, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2)
Ervin Nurul Affrida, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Eksperimen Terapung dan Tenggelam, Kognitif, Sains.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh eksperimen Sains yaitu pada perkembangan
Sains anak usia 5 -6 tahun yang masih rendah. Rendahnya kemampuan anak dalam
mengenal eksperimen terapung dan tenggelam ini disebabkan karena pembelajaran
eksperimen ini masih menggunakan majalah/LKS, media pembelajaran eksperimen
tenggelam dan terapung ini sudah di lakukan oleh gurunya hanya saja tidak melakukan
percobaan secara langsung. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh eksperimen terapung dan tenggelam terhadap Perkembangan
Kognitif Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhudi Darma Hutama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group prete st-possttest design.
Subjek penelitian anak kelompok B di TK Bhudi Darma Hutama dengan jumlah 15 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat
penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode a nalisis
statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest yang sesuai dengan judul
penelitian yaitu Pengaruh BDR (Belajar Dari Rumah) Eksperimen Terapung Dan
Tenggelam Terhadap Perkembangan Kognitif Sains Anak Usia 5 -6 Tahun Di TK Bhudi
Darma Hutama. Digunakan pre-test dan post -test one group design maka dengan uji t
menggunakan aplikasi Excel.
Berdasarkan hasil uji t yang menggunakan aplikasi excel menunjukkan bahwa penelitian
t-hitung yang diperoleh yaitu (0,05). Sedangkan t -tabel yang diperoleh (0,0 1).dari hasil
tersebut dapat diketahui bahwa nilai t -hitung > t-tabel sehingga Ho > diterima dan Ha
ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara eksperimen terapung dan
tenggelam terhadap perkembangan kognitif sains anak usia 5 -6 tahun di TK Bhudi Darma
Hutama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:50
Last Modified: 11 Nov 2022 03:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item
View Item