ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PELAJARAN PENJAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN DARING DI SDN BUNGURASIH WARU SIDOARJO

Rozaq, Miftahur (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PELAJARAN PENJAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN DARING DI SDN BUNGURASIH WARU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (407kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (88kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan lampiran .pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan lampiran .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Miftahur Rozaq. 2021. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VI
Dalam Pelajaran Penjas Dengan Metode Pembelajaran Daring Di
SDN Bungurasih Waru Sidoarjo Skripsi, Progam Studi Pendidikan
Jasmani Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing I : Dr. Muhammad Muhyi, M. Pd
Pebimbing II : Yandika Fefrian Rosmi, S. Pd., M. Or
Kata Kunci : Covid-19, Pengaruh Motivasi, Pembelajaran Daring.
Penyebaran pandemi Virus Corona atau COVID-19 telah menjadi
pandemi global di seluruh dunia setelah diumumkan oleh World
Health Organization atau biasa disebut dengan WHO. Pandemi ini
telah menyebar hingga hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di
Indonesia sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh Virus Corona ini
sangat besar hingga berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari
khususnya dalam dunia pendidikan yang ada di seluruh dunia
termasuk di Indonesia, yang mengarah ditutupnya lembaga
pendidikan seperti sekolah, universitas, perguruan tinggi, dan
lembaga pendidikan yang lainnya. Menurut pemantauan UNICEF,
186 negara saat ini telah menerapkan penutupan berskala nasional
dan 8 negara menerapkan penutupan lokal. Hal ini berdampak pada
sekitar 98.5% populasi siswa di dunia, Menurut UNESCO (2020).
Dalam mengantisipasi penyebaran virus ini, pemerintah Indonesia
mengeluarkan kebijakan social distancing, pshycal distancing,
hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). motivasi
merupakan suatu dorongan dari individu atau luar individu untuk
melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan perubahan perilaku,
baik berupa keterampilan atau pengetahuan yang bernilai positif.
pembelajaran merupakan suatu hubungan antara pendidik dan
peserta didik, agar dapat tercapai usaha untuk memperoleh suatu
perubahan perilaku dalam diri peserta didik. Perubahan merupakan
perilaku siswa yang mengacu pada kemampuan mengingat atau
menguasai berbagai materi pembelajaran yang diajarkan oleh
pendidik. Kegiatan pembelajaran tidakhanya dapat dilakukan dengan
bertatap muka, namun terdapat banyak variasi dalam kegiatan
pembelajaran, salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan
pembelajaran dari jaringan (Daring).
Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan
merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mencakup semua informasi tentang hal yang mempengaruhi motivasi
siswa penjas kelas VI C terhadap pembelajaran secara daring.
Berdasakan penelitian yang telah dilakukan mengenai analisis
motivasi belajar siswa kelas VI dalam pelajaran penjas dengan
metode pembelajaran daring di SDN Bungurasih Waru Sidoarjo, dari
hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat
disimpulkan bahwa: (1) Metode pembelajaran yang dilakukan
dimasa pandemi Covid 19 adalah berupa pembelajaran jarak jauh
(PJJ) atau pembelajaran daring dengan memberikan materi dan tugas
menggunakan media berupa aplikasi Whatsapp, Zoom, dan
Classroom yang sesuai dengan anjuran dari pemerintah. (2) Faktor
yang menghambat pada pelaksanaan pembelajaran daring
dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana dari siswa, dimana
siswa harus bergantian gadget dengan orang tua, selain itu
pembelajaran daring juga cukup menghabiskan banyak kuota. Selain
hal tersebut, guru juga tidak dapat memantau secara langsung
kegiatan belajar siswa, sehingga cukup sulit memahami materi atau
tugas yang diberikan oleh guru. (3) Faktor yang menguntungkan atau
mendukung pada pelaksanaan pembelajaraan daring adalah dimana
guru dapat mudah menyampaikan pembelajaran yang mudah, serta
didukung oleh teknologi yang maju sehingga dapat memudahkan
guru dan siswa dalam pembelajaran meskipun tidak harus berada
disekolah. (4) Upaya agar siswa lebih semangat dan termotivasi
dengan cara guru selalu membimbing siswa agar termotivasi dan
semangat meskipun belajar dimasa pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:01
Last Modified: 11 Nov 2022 03:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item
View Item