Pengaruh Media Video Pembelajaran Pada Materi Logaritma Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Antartika Sidoarjo

Fauziah, Dede (2021) Pengaruh Media Video Pembelajaran Pada Materi Logaritma Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Antartika Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (401kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (215kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran matematika media pembelajaran yang digunakan dapat beragam. Dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi siswa diharap mampu lebih tertik pada saat mengikuti pembelajaran. Salah satunya ialah dengan menggunakan media video pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa SMA Antartika Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian True Eksperimental. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling yang memperoleh dua kelas yaitu kelas X-A dan X-B. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 6,1875 dan nilai ttabel sebesar 2,0281 dengan taraf signifikan 0,05. Jika dibandingkan, thitung =6,1875 > ttabel =2,0281. Dari data diatas mendapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan media video pemebelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA Antartika Sidoarjo. Nilai Rata-rata siswa yang menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran secara saintifik.
Kata Kunci : hasil belajar matematika, media video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:22
Last Modified: 14 Dec 2022 06:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item
View Item