PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA BANGSA RUNGKUT SURABAYA

Fauziah, Ilma (2020) PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA BANGSA RUNGKUT SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (657kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (156kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fauziah, Ilma. 2019. Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan
Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan bahasa
Anak Kelompok B TK Mutiara Bangsa Rungkut Surabaya.
Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Aisyah,
S.Psi.,M.Pd
Kata Kunci: Metode Bercerita, Boneka Tangan, Kemampuan
Bahasa.
Bercerita adalah suatu kegiatan yang penting untuk
dilakukan oleh seorang untuk berkomunikasi secara lisan dengan
menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu. Seperti pembelajaran
menggunakan media boneka tangan yang dapat menarik perhatian
anak dan anak lebih mempunyai kosa kata yang banyak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode
bercerita menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan
bahasa anak kelompok B di TK Mutiara Bangsa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
dengan menggunakan One Grup pretest-postest. Sampel yang
digunakan penelitian ini ada 34 anak kelompok B TK Mutiara
Bangsa Rungkut Surabaya. Data dikumpulkan dari hasil observasi
dan Dokumentasi, dengan instrumen lembar observasi dan teknik
analisis data menggunakan rumus uji t menggunakan aplikasi SPSS
versi 20.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig yang
diperoleh adalah Sig (2-tailed) t test 0,000 < 0,05 jadi sangat
signifikan dan dapat disimpulkan bahwa Ha di terima Ho ditolak.
Jadi ada perbedaan antara hasil perkembangan bahasa anak antara
pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada
pengaruh metode bercerita menggunakan media boneka tangan
terhadap kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Mutiara
Bangsa”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:34
Last Modified: 14 Nov 2022 08:19
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item