Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid- 19

Firdayanti, Fandah (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid- 19. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (479kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Gaya belajar merupakan cara belajar dari bagaimana siswa menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi yang di dapat dari proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang berubah dari luring menjadi daring membuat siswa yang memiliki gaya belajar berbeda- beda mengalami kesulitan yang berbeda juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa dan juga mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pada proses pembelajaran di masa pandemi yang ditinjau dari gaya belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes matematika, dan wawancara. Data pada penelitian ini adalah hasil angket, tes matematika dan wawancara sedangkan sumber data adalah tiga siswa yang memiliki nilai terendah ditinjau dari setiap jenis gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan menentukan informasi yang ditanyakan pada soal, faktor yang menyebabkan kesulitan juga subjek kurang tertarik dengan matematika. Subjek dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan pada saat operasi aljabar, faktor lainnya ialah suasana rumah yang terakdang kurang kondusif, dan subjek dengan gaya belajar kinestetik cenderung mengalami kesulitan dalam pengoperasian bentuk aljabar pengurangan dan pennjumlahan, dan faktor intern yang mendukung sebab subjek kurang tertarik dengan matematika.
Kata kunci : Analisis Kesulitan Belajar, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:43
Last Modified: 14 Dec 2022 07:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item
View Item