Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring

Yunitasari, Inneke Amaliya (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (582kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (637kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel, matematika selalu menjadi hal yang menakutkan bagi siswa karena objek matematika yang abstrak menggunakan banyak rumus sehingga pandangan siswa terhadap pelajaran matematika disekolah, pelajaran yang sulit dan rumit untuk diterapkan dan dipahami. Karena adanya pandemi covid-19. Siswa semakin merasa sulit dalam memahami pelajaran matematika khususnya materi SPtLDV karena proses pembelajaran dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal SPtLDV dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi SPtLDV. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif , jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode Tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 siswa yang memiliki nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dari kelas X IPS3 SMA Dr. Soetomo yang bertujumlah 20 siswa. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) di dalam penguasaan konsep, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami isi soal SPtLDV, mengubah kalimat kedalam model matematika; (2) di dalam penguasaan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam menggambar grafik pada suatu sistem pertidaksamaan linier dua variabel; (3) faktorfaktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi SPtLDV berasal dari faktor internal, yaitu kurangnya minat belajar siswa, kurangnya motivasi belajar siswa, dan kurangnya bakat siswa.
Kata kunci : Kesulitan belajar, SPtLDV, Siswa SMA, Daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 07:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item
View Item