Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Terhadap Siswa Kelas VIII

Rahmadhani, Erika (2021) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Terhadap Siswa Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (21kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (640kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Oleh karena itu, peneliti merasa penting melakukan analisis kesalahan dan memberikan scaffolding yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa, mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa menurut tahapan Kastolan dan mendeskripsikan proses pemberian scaffolding untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah tes uraian tahap 1 untuk menentukan subjek penelitian, kemudian tes uraian tahap 2 untuk mengetahui perkembangan pemahaman siswa setelah diberikan scaffolding. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 3 siswa melakukan kesalahan prosedural, 2 siswa melakukan kesalahan konseptual, dan 2 siswa melakukan kesalahan teknik. Faktor penyebab kesalahan siswa dengan berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukannya. Adapun proses pemberian scaffolding yang dilakukan terhadap subjek penelitian dengan 3 tingkatan yaitu lingkungan belajar yang mendukung melalui Google Classroom, Google Meet, Whatsapp, dan Google Form, interaksi langsung antara guru dan siswa dengan menjelaskan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, meninjau ulang hasil pekerjaannya, dan vi restrukturasi materi Pecahan, dan penekanan berfikir konseptual dengan menekankan perbedaan metode substitusi dan eliminasi.
Kata Kunci : Scaffolding, Analisis Kesalahan, Teori Kastolan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:07
Last Modified: 14 Dec 2022 07:43
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item
View Item