Pengaruh Model Problembasedlearningdengan Media Google Classroomterhadaphasil Belajar Matematika Di SMPN4 Surabayatahun Pelajaran 2020-2021

Pristiani, Rahmawati Rafi (2021) Pengaruh Model Problembasedlearningdengan Media Google Classroomterhadaphasil Belajar Matematika Di SMPN4 Surabayatahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. DEPAN.pdf] Text
1. DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuansiswadalam menyelesaikan soal berbentuk cerita yang berkaitandenganmasalah sehari-hari, serta kesulitan menerapkan pembelajaranyangdidapat ke dalam kehidupan sehari-hari khususnyapadapembelajaran matematika. Salah satu cara untuk mengatasipermasalahan ini adalah dengan menggunakan model ProblemBasedLearning. Penelitian ini dilaksanakan secara daring dikarenakandilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitianiniadalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning dengan Media Google Classroomterhadaphasil belajar matematika di SMPN 4 SURABAYA. Penelitianinimenggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianquasieksperimen, yang dilaksanakan di SMPN 4 Surabaya padatahunajaran 2020-2021. Pemilihan sampel dilakukan dengansimplerandom sampling. Sampel pada penelitian ini kelas VII Asebagaikelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar berupaPre-tets Post-tets sebanyak 3 soal uraian denganmateriPerbandingan. Uji analisis data pada penelitian ini menggunakanujit. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rata-ratahasilbelajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripadakelaskontrol dan hasil analisis data yang diperoleh thitung >ttabel yaitu2,43 > 1,98 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematikaantara siswa yang diajar dengan model pembelajarandengan ii Problem Based Learning dengan media Google Classroomdi SMPN4 Surabaya Tahun Ajaran 2020-2021.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Google Classroom, HasilBelajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:15
Last Modified: 14 Dec 2022 07:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item
View Item