Analisis Penyelesaian Masalah Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Pemberian Scaffolding Berdasarkan Tahapan Kastolan Pada Siswa Kelas VII

Fasah, Moch. Chemal (2021) Analisis Penyelesaian Masalah Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Pemberian Scaffolding Berdasarkan Tahapan Kastolan Pada Siswa Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (811kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (310kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Tahapan Kastolan Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor penyebabnya berdasarkan tahapan Kastolan, serta hasil dari scaffolding yang diberikan berdasarkan jenis kesalahan. Kurangnya pemahaman konsep pertidaksamaan linier satu variabel mengakibatkan lebih dari 30 % siswa kelas VII-B yang nilai materi ini dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B SMP Al Amin Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian yang diwawancarai dan diberikan scaffolding berjumlah tiga siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan jenis kesalahan pada tahapan Kastolan yaitu (a) kesalahan konseptual sebesar 62,90 % pada nomor 1 dan 76,61 % pada nomor 2, (b) kesalahan prosedural sebesar 37,10 % pada nomor 1 dan 41,93 % pada nomor 2, (c) kesalahan Teknikal sebesar 31,26 % pada nomor 1 dan 37,63 % pada nomor 2. Pemberian scaffolding dapat meminimalkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Sebelum diberikan scaffolding subjek S1 melakukan l4 kesalahan, subjek S2 dan subjek S3 sama-sama melakukan 16, setelah diberikan scaffolding subjek S1 tidak melakukan kesalahan sedangkan subjek S2 melakukan 5 kesalahan dan subjek S3 melakukan 2 kesalahan yang dianalisis berdasarkan tahapan Kastolan.
Kata Kunci : Analisis Penyelesaian Masalah, Scaffolding,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:12
Last Modified: 19 Dec 2022 04:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item
View Item