EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMA ANTARTIKA SIDOARJO DI MASA PANDEMI COVID-19

SUSANTI, DINDA WIDYA (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMA ANTARTIKA SIDOARJO DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (914kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (288kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (302kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Susanti, Dinda Widya. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Self Regulated Learning pada Pembelajaran Siswa Kelas XI
SMA Anatartika Sidoarjo Di Masa Pandemi Covid-19.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas
Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya.
Pembimbing :
(1)Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd.
(2)Annisa Dwi Sulistyaningtyas, S.Si., M.Si.
Kata Kunci : self regulated learning, kemampuan guru, aktivitas siswa, hasil belajar, respon siswa, pandemi covid-19.
Di masa pandemi Covid-19 mengharuskan semua sekolah
melakukan pembelajaran dengan metode daring. Siswa sudah
mempunyai self regulated learning sendiri tetapi dimasa pandemi ini siswa harus lebih extra untuk mengelola belajar mandirinya sendiri sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang dirancang untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran, aktivitas siswa di luar sekolah, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada materi transformasi geometri. Penelitian ini dirancang menggunakan “one-shot case study”, yaitu penelitian dilakukan dengan melaksanakan suatu perlakuan tertentu kepada subyek. Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-Efektif 1 SMA Antartika Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan guru tergolong “baik” dengan nilai sebesar 3,41, (2) Aktivitas siswa terhadap self regulated learning di luar sekolah tergolong “aktif” dengan presentase sebesar 66%, (3) Hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa, sehingga dapat dikatakan hasil belajar tuntas secara klasikal telah tercapai dengan presentase sebesar 87,87%, dan (4) Respon siswa tergolong “positif” dengan mendapatkan presentase sebesar 85,5%. Sehingga model pembelajaran self regulated learning pada pembelajaran siswa di masa pandemi Covid-19 dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:49
Last Modified: 13 Dec 2022 01:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item
View Item