EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

FAHIMUDDIN, ALFIAN (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (609kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (619kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fahimuddin, Alfian. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring
Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi
Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. (2) Annisa Dwi
Sulistyaningtyas, S.Si., M.Si.
Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran daring menggunakan
zoom meeting, hasil belajar matematika,
pandemi Covid-19.
Penggunaan platform zoom meeting dalam pembelajaran
daring di masa pandemi Covid-19 saat ini diharapkan menjadi
solusi yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA EFEKTIF 2 SMA Antartika Sidoarjo tahun ajaran
2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri atas lembar observasi kemampuan guru mengelola
pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon
siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
memperoleh rata-rata 3,56 dan termasuk dalam kriteria “sangat
baik”; (2) rata-rata aktivitas siswa selama mengikuti
pembelajaran memiliki presentase sebesar 93,75% dan
tergolong kategori “sangat aktif”; (3) respon siswa dikatakan
“positif” karena meperoleh presentase sebesar 75,41%; dan (4)
pada hasil belajar memiliki presentase ketuntasan secara
klasikal sebesar 94,23%. Sehingga pembelajaran daring
menggunakan zoom meeting terhadap hasil belajar matematika
siswa pada masa pandemi Covid-19 dikatakan “efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:16
Last Modified: 15 Dec 2022 04:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item
View Item