EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 3 KRIAN

ISLAMIAH, TYAS YULIA (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 3 KRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK tyas yulia.docx] Text
ABSTRAK tyas yulia.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Islamiah, Tyas Yulia. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dengan Sistem Jarak Jauh Pada Materi Aljabar di SMP Negeri 3 Krian. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing : Dr. Liknin Nugraheni, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Problem Solving, Jarak Jauh
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model
Pembelajaran Problem Solving dalam kegiatan Pembelajaran dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif
Kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Shot
Case Study. Adapun instrumen dan perangkat pembelajaran dalam
penelitian ini adalah Silabus, RPP, Soal Tes Hasil Belajar, Angket respon
siswa, dan Lembar penilaian Aktivitas Siswa. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa : 1)Aktivitas Siswa dari 34 siswa kelas VII A pada pertemuan 1
sebesar 96,25% dan pertemuan 2 sebesar 97,5% sehingga memiliki hasil
rata – rata sebesar 96,9% dan dapat dikategorikan Aktif Sekali, 2). Respon
siswa dari 34 siswa kelas VII A pada tiap aspek yang ada pada angket
memiliki respon lebih dari 70% sehingga dapat dikatakan Respon siswa di
kelas VII A pada penggunaan model pembelajaran Problem Solving dengan
Sistem Jarak Jauh dapat dikatakan memiliki Respon Positif, 3). Ketuntasan
Hasil Belajar Siswa dari 34 siswa kelas VII A terdapat 30 siswa mendapat
skor ≥ 75 dan 4 siswa lainnya mendapat skor < 75 sehingga dapat dihitung
tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,23%. Dapat
disimpulkan sesuai pada tabel 4.5 Kesimpulan setelah penggunaan model
pembelajaran Problem Solving dengan Sistem Jarak Jauh yaitu Aktivitas
siswa dikategorikan Aktif, Respon Siswa Positif, dan Hasil Belajar Siswa
dikategorikan Tuntas. Dengan demikian dari hasil penelitian yang diperoleh
dapat disimpulkan penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving
dengan Sistem Jarak Jauh pada Materi Aljabar di SMP Negeri 3 Krian
dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:33
Last Modified: 09 Dec 2022 09:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item
View Item