ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN

Amelyanti, Neza Rivani (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (264kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (301kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Amelyanti, Neza Rivani. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel
Berdasarkan Analisis Newman. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing: Dra. Sri
Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, Newman, soal cerita
matematika
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis
serta faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII-J
SMP Negeri 21 Surabaya. Penelitian ini menggunakan tahapan
analisis Newman yang terdiri dari tahap membaca masalah,
memahami masalah, transformasi masalah, ketrampilan proses, dan
penulisan jawaban akhir. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan jumlah 3 soal
essay dan wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga subjek dari
keseluruhan siswa kelas VII-J yang melakukan kesalahan terbanyak
dan variasi jenis kesalahan yang berbeda serta kemampuannya
berkomunikasi dengan baik. Uji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari
ketiga soal tes yang diberikan subjek penelitian pertama (S1)
mewakili siswa yang melakukan total kesalahan sebanyak 11
kesalahan. Faktor penyebab S1 melakukan kesalahan disebabkan
karena tidak terbiasa mengerjakan soal cerita sehingga melakukan
banyak kesalahan, terutama pada strategi penyelesaian masalah.
Subjek penelitian kedua (S2) mewakili siswa yang melakukan total
kesalahan sebanyak 9 kesalahan. Faktor penyebab S2 melakukan
kesalahan adalah kurang memahami konsep dari materi tersebut.
Subjek penelitian ketiga (S3) mewakili siswa yang melakukan total
kesalahan sebanyak 8 kesalahan. Faktor penyebab S3 melakukan
kesalahan adalah kurang teliti pada saat mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:02
Last Modified: 07 Dec 2022 05:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item
View Item