Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Benu, Trisna Elimni Delesep (2021) Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (416kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (300kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan model pembelajaran yang diberikan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi kurang aktif di dalam kelas, hal ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah, sehingga dengan digunakannya model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan pertimbangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan mempunyai karakteristik yang sama dan sesuai dengan tujuan peneliti. Sehingga diperoleh kelas IX-E sebagai kelas kontrol dan kelas IX-D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data penelitian pada hasil belajar menggunakan uji-t untuk uji hipotesis yang digunakan dengan taraf signifikan . α = 0,05. Perhitungan uji-t diperoleh thitung>t table yaitu 2,04>1,995 sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan pada hasil belajar posttest antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran konvensional kelas IX SMPN 48 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: model discovery learning, pendekatan saintifik, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:06
Last Modified: 19 Dec 2022 04:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item
View Item