PENGARUH PENEMPATAN WAKTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2018/2019

Ratna, Wahyu Dwi (2019) PENGARUH PENEMPATAN WAKTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (707kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (146kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (161kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : hasil belajar matematika, waktu pembelajaran
Perbedaan waktu belajar (sebelum dan sesudah istirahat) dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa karena waktu belajar merupakan
salah satu faktor eksternal dalam belajar. Hal tersebut yang menjadi
latar belakang dalam penelitian ini yang memunculkan rumusan
masalah yaitu “Apakah ada pengaruh penempatan waktu
pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa
SMPN 2 Sukodono tahun ajaran 2018/2019?” dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh penempatan waktu pembelajaran matematika
terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Sukodono tahun
ajaran 2018/2019. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan
pendekatan kuantitatif metode ex-postfacto dengan jenisnya causal
comparative research. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas
VIII SMPN 2 Sukodono dengan teknik pengambilan sampel
nonprobability sampling tipe purposive sampling yang memperoleh
dua kelas yaitu kelas VIII-B dan VIII-C. Sedangkan teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi yang
dianalisis menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data, diperoleh nilai
thitung sebesar 2,87052 dan nilai ttabel sebesar 1,99601 dengan taraf
signifikan 0,05. Jika dibandingkan, thitung =2,87052 > ttabel =1,99601.
Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penempatan waktu
pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa
SMPN 2 Sukodono Tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:28
Last Modified: 28 Nov 2022 01:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item
View Item