PROFIL PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI SISWA DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE

ISROTEN, DESI (2019) PROFIL PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI SISWA DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. halaman depan dan abstrak.pdf] Text
1. halaman depan dan abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (264kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (163kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (85kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pemecahan Masalah Geometri, Tingkat Berpikir Van
Hiele
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana pemecahan masalah geometri siswa ditinjau dari
tingkat berpikir van hiele visualisasi, analisis, dan deduksi
informal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari tiga orang siswa kelas
IX-A SMP Negeri 1 Wringinanom. Penelitian dimulai dengan
mengelompokan siswa ke dalam tiga tingkatan berpikir van
hiele. Kemudian dipilih satu dari setiap tiga tingkatan tersebut.
Setelah ketiga subyek didapatkan kemudian diberi tes
kemampuan pemecahan masalah (TPM). Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan
bahwa 1) subyek visualisasi dalam memecahkan masalah,
subyek visualisasi menuliskan dengan lengkap apa yang
diketahui dan ditanyakan bahkan siswa visualisasi membuat
sketsa dari informasi yang diperolehnya dalam soal, namun
subyek visualisasi kurang dapat mengaitkan materi yang
pernah dipelajarinya untuk menyelesaikan soal dengan benar
dan tepat. 2) subyek analisis dalam memecahakan masalah,
subyek analisis mengetahui dengan lengkap apa yang diketahui
dan ditanyakan dalam soal, selain itu subyek analisis juga
menyelesaikan soal sesuai dengan materi yang pernah
dipelajarinya sehingga memeperoleh hasil yang benar dan
tepat. Namun subyek analisis tidak melakukan pemeriksaan
ulang dari setiap hasil yang telah diperolehnya. 3) subyek
vii
deduksi informal dalam memecahkan masalah, subyek deduksi
informal mengetahui dengan lengkap apa yang diketahui dan
yang ditanyakan dalam soal selain itu subyek deduksi informal
juga membaca soal secara berulang agar tidak ada informasi
yang terlewatkan. Dalam menyelesaikan soal subyek deduksi
informal mengaitkan setiap materi yang pernah dipelajarinya
dengan tepat sehingga diperoleh hasil yang benar. Selain itu
subyek deduksi informal juga melakukan pemeriksa kembali
setiap proses dan hasilnya dengan detail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:33
Last Modified: 28 Nov 2022 01:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item
View Item