KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA BERDASARKAN KECERDASAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 12 SURABAYA

Aisa, Wulandari Nur (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA BERDASARKAN KECERDASAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 12 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (799kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (179kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan
kreatif- matematis, tahapan polya, aljabar.
Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang
harus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas siswa.
Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat dilihat
berdasarkan tingkat kecerdasan tingkat kecerdasan kreatif –
matematis yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah memiliki
hubungan positif dengan kecerdasan kreatif – matematis. Siswa yang
memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis tinggi maka mampu
dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya, untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan
kecerdasan kreatif-matematis, dapat dilakukan dengan menggunakan
tahapan Polya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah aljabar
siswa menggunakan tahapan Polya berdasarkan tingkat kecerdasan
kreatif-matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang
digunakan adalah tes ( tes kecerdasan logis-matematis dan tes
kemampuan pemecahan masalah aljabar) dan wawancara.Hasil
penelitian menunujukkan bahwa (1)siswa yang memiliki tingkat
kecerdasan kreatif-matematis tinggi melakukan seluruh tahapan
Polya pada saat menyelesaikan permasalahan, (2) siswa yang
memiliki tingkat keerdasan kreatif-matematis sedang hanya
melakukan beberapa tahapan polya secara tepat, yaitu melakukan
rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, (3)
siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis rendah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:00
Last Modified: 28 Nov 2022 01:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item
View Item