ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO

Marcela, Garnis Aris (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (432kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (620kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar
Kemampuan pemecahan masalah siswa adalah aspek yang perlu
dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun kemampuan
pemecahan masalah siswa masih rendah. Kemampuan pemecahan
masalah masih rendah perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan gaya
belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan
mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
berdasarkan gaya belajar siswa yaitu gaya belajar visual, auditori,
kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII J SMP Negeri 2 Taman
Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar,
tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara. Seluruh siswa kelas
VIII J diidentifikasi tipe gaya belajarnya menggunakan angket gaya
belajar dan diambil 2 subjek nilai tertinggi dari tiap gaya belajar. Data
mengenai kemampuan pemecahan dianalisis dari hasil tes kemampuan
pemecahan masalah lalu dilakukan trianggulasi dengan data hasil
wawancara. 6 siswa tiap kategori kemampuan pemecahan masalah per
gaya belajar dipilih untuk dilakukan wawancara. Selanjutnya analisis
data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar
visual memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang
sedang terhadap memeriksa kembali proses dan hasil serta tinggi
vi
terhadap memahami masalah, merencanakan penyelesaian,
melaksanakan rencana. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki
kemampuan pemecahan masalah matematis yang sedang terhadap
memahami masalah serta tinggi terhadap merencanakan penyelesaian,
melaksanakan rencana, memeriksa kembali proses dan hasil.
Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan
pemecahan masalah matematis yang sedang terhadap memahami
masalah, memeriksa kembali proses dan hasil serta tinggi terhadap
merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:44
Last Modified: 28 Nov 2022 02:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item
View Item