Efektivitas Pengunaan Google Meet Terhadap Pembelajaran Matematika Dalam Materi SPLDV Di SMPN 1 Sukodono

Normala, Maria Arista Dwi (2021) Efektivitas Pengunaan Google Meet Terhadap Pembelajaran Matematika Dalam Materi SPLDV Di SMPN 1 Sukodono. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (252kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (373kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Google Meet Terhadap Pembelajaran Matematika. Dalam Materi SPLDV di SMPN I Sukodono. Penelitian ini menggunakan validitas ahli sebelum dipakai sebagai instrumen penelitian. Peneliti menggunakan 4 kriteria untuk menyimpulkan efektifitas, menurut Baroh (2010) yaitu : (1) kemampuan guru selama kegiatan pembelajaran, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran, dan (3) respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran, (4) hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal. Kemampuan guru dianalisis menggunakan lembar observasi, diisi oleh guru pamong untuk menilai kemampuan peneliti dalam mengelola kelas. Aktivitas siswa dianalisis menggunakan lembar observasi yang diisi oleh 1 orang observer. Respon siswa dianalisis menggunakan lembar angket yang dibagikan kepada siswa setelah proses pembelajaran. Serta Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan tes hasil belajar setelah mengikuti pembelajaran. Setiap kriteria dikatakan efektif apabila hasil nilai minimal beradada pada kategori baik. Pada tes hasil belajar ≥ 66% siswa tergolong tuntas yang berarti berada pada kategori baik. Kemampuan guru pada penelitian ini menghasilkan skor ≥ 3,5 yang berarti berada pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama pembelajaran didapatkan nilai rata – rata ≥ 51% aktif yang berarti berada pada kategori baik. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan perolehan jawaban setuju atau positif sebesar ≥ 71,09 % .Karena kriteria efektivitas terpenuhi dengan paling tidak berada pada kategori baik maka dapat disimpulkan pengunaan Google Meet efektif Terhadap Pembelajaran Matematika Dalam Materi SPLDV di SMPN I Sukodono.
Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Google Meet, SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:57
Last Modified: 22 Dec 2022 02:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item
View Item