PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 SURABAYA

Kurniawan, Ryan Dwi (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (554kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (208kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Geogebra, Koordinat
Kartesius.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat
belajar siswa karena kurangnya penggunaan media
pembelajaran sehingga siswa mudah bosan dan berdampak
pada rendahnya hasil belajar. Dari permasalahan tersebut,
maka dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan
pembelajaran. Salah satu alternatif itu adalah penggunaan
media pembelajaran berbantuan software GeoGebra.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan media pembelajaran berbantuan software GeoGebra
terhadap hasil belajar dan minat belajar. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif yang termasuk penelitian PreEksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMPN 2 Surabaya. Sampel penelitian diambil dengan teknik
teknik Probability Sampling dengan Simple Random Sampling.
Jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes dan menyebarkan angket. Dalam uji
hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes.
Berdasarkan hasil yang didapat dari program SPSS untuk
hasil belajar didapatkan bahwa -thitung < -ttabel dengan hasil -
10.376 < -2,093024, sedangkan untuk minat belajar
didapatkan -thitung < -ttabel dengan hasil -12.200 < -2,093024.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan
media pembelajaran matematika berbantuan software
GeoGebra terhadap hasil belajar siswa dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:08
Last Modified: 28 Nov 2022 02:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item
View Item