PENGARUH KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN DAYA INGAT ANAK KELOMPOK A1 TK BAHRUL ULUM SURABAYA

Safitri, Erlin Dwi (2020) PENGARUH KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN DAYA INGAT ANAK KELOMPOK A1 TK BAHRUL ULUM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (568kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (146kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (221kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Safitri, Erlin Dwi. 2020. Pengaruh Kegiatan Pencampuran Warna
Terhadap Kemampuan Daya Ingat Anak Kelompok A1 TK
Bahrul Ulum Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci: Pencampuran Warna, Kemampuan Daya Ingat
Pencampuran warna merupakan suatu kegiatan mencampur
dua macam pewarna atau lebih untuk memperolah warna baru.
Pencampuran warna diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini
karena kegiatan ini merupakan kegiatan menarik dan kreatif serta
melibatkan anak secara langsung dalam melakukan percobaan
(eksperimen). Melalui kegiatan pencampuran warna anak lebih
mudah memahami konsep warna serta mampu mengingat macammacam warna. Pemahaman warna termasuk dalam kemampuan
aspek perkembangan kognitif.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan
pencampuran warna terhadap kemampuan daya ingat anak
kelompok A1 TK Bahrul Ulum Surabaya. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif dengan
menggunakan desain penelitian One Group Pretest Protest Design.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 24 anak kelompok
A1 TK Bahrul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang
digunakan berupa lembar observasi. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji t dengan menggunakan perhitungan SPSS
versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil hitung uji t nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Hipotesis Nol ditolak.
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa “Kegiatan pencampuran
warna berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan daya
ingat anak kelompok A1 TK Bahrul Ulum Surabaya”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:19
Last Modified: 17 Nov 2022 03:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item