Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Himpunan Siswa Smp Negeri 21 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019

Saputri, Muslifatus Syaniah Fera (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Himpunan Siswa Smp Negeri 21 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (788kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (264kB)
[thumbnail of 3. BAB I .pdf] Text
3. BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (223kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (635kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

ABSTRAK
Saputri, Muslifatus Syaniah Fera. 2019. Penerapan Model
Pembelajaran Discovery Learning pada Materi
Himpunan Siswa Smp Negeri 21 Surabaya Tahun
Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci:Discovery learning, hasil belajar, himpunan.
Di SMP Negeri 21 guru masih menggunakan model
pembelajaran konvensional yang didominasi oleh guru sehingga
siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar matematika siswa
kurang. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti
menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi
himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
perbedaan setelah menerapkan model pembelajaran discovery
learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil
belajar matematika pada materi himpunan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan desain eksperimen true-eksperimental design.
Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 21
Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini terdiri
dari dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes, dan teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan menggunakan taraf
signifikan 0,05.
Dari hasil analisis data diperoleh 4,12 dan
2,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan
penerapan model pembelajaran discovery learning dengan model
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada
materi himpunan siswa SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran
2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:28
Last Modified: 21 Nov 2022 07:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item
View Item