PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL KELOMPOK B TK AGRIPINA SURABAYA

Prastiyanti, Anita Bella (2020) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL KELOMPOK B TK AGRIPINA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (536kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (249kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Prastiyanti, Anita Bella. 2019. Pengaruh Media Puzzle Terhadap
Kemampuan Menulis Awal Kelompok B TK Agripina
Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Dra. A. Fachrurrazi, M.Pd
Kata Kunci: Media Puzzle, Kemampuan Menulis Awal.
Media puzzle merupakan salah satu bentuk permainan yang
terdiri dari potongan-potongan gambar yang dapat mendukung
perkembangan anak usia dini dalam aspek bahasanya khususnya
pada kemampuan menulis awal. Kemampuan menulis awal memiliki
peranan yang sangat penting dalam pengenalan keaksaraan, dengan
menulis anak mengenal tulisan melalui kegiatan-kegiatan sederhana
seperti membuat goresan, lekukan, huruf, dan namanya sendiri.
Selain itu menulis juga memberikan kesempatan pada anak untuk
mengungkapkan dan mengekspresikan ide atau perasaannya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan
hal yang lebih mendalam dan menyeluruh tentang pengaruh media
puzzle terhadap kemampuan menulis awal kelompok B TK Agripina
Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan One
Group Pretest – Postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelompok B TK Agripina dengan
jumlah 20. Data dikumpulkan dari hasil observasi tes kinerja, dengan
instrument lembar observasi kinerja. Teknik analisis data
menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian mununjukkan bahwa nilai t hitung = 8,40 lebih
besar daripada nilai t tabel (1,72913) pada taraf signifikansi 0,05
maupun (2,53948) pada taraf signifikansi 0,01, maka Hipotesis Nol
ditolak sehingga Hipotesis Kerja diterima. Hal ini menunjukkan
Hipotesis Kerja terbukti sangat signifikan. Dengan demikian dapat
dinyatakan bahwa “Media Puzzle berpengaruh sangat signifikan
terhadap kemampuan menulis awal kelompok B TK Agripina
Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:24
Last Modified: 07 Dec 2022 03:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item
View Item