PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA KELOMPOK A TK AMANDA CIPTA MENANGGAL II SURABAYA

Anun, Rosalia (2020) PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA KELOMPOK A TK AMANDA CIPTA MENANGGAL II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (236kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anun, Rosalia. 2019. Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap
Kemampuan Mengenal Warna Pada Kelompok A TK Amanda
Cipta Menanggal II Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adibuana
Surabaya. Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi.,M.Psi.
Kata Kunci: Kegiatan Kolase, Kemampuan Mengenal Warna
Penelitian ini dilatarbelakangi ‘’Pengaruh Kegiatan Kolase
Terhadap Kemampuan Mengenal Warna.’’Dalam hal ini untuk
mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak maka
sangat dibutuhkan pembelajaran yang menarik
Seperti kegiatan kolase, karena dengan menggunakan kegiatan
kolase anak dapat mengenal warna.
Mengenal warna merupakan salah satu indikator kolase yang
termasuk dalam bidang pengembangan kognitif. Mengenal warna
pada anak dapat, membentuk struktur kognitif anak, dalam proses
pembelajaran anak akan dikenalkan pada bagaimana warna dibentuk.
Anak akan memperoleh informasi lebih banyak sehingga
pengetahaun dan pemahaman akan lebih kaya dan lebih dalam.
Dalam hal ini anak mengetahui warna secara konsep berdasarkan
pengalaman belajarnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh
Kegiatan Kolase Terhadap Kemapuan Mengenal Warna Pada
Kelompok A TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya. Metode
yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
dengan menggunakan desain desain penlitian one grup pretest
posttest design sampel yang digujnakan dalam penelitian ini adalah
23 anak kelompok A TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan menggunakan
perhitungan SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil hitung uji t sig 0,007
< 0,05. Maka ada pengaruh antara kegiatan kolase dan kemampuan
Mengenal warna Pada Kelompok A di TK Amanda Cipta Menanggal
II Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:28
Last Modified: 17 Nov 2022 04:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item