PENGARUH MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK LIYA III SURABAYA

Melati, Christanti Puspita (2022) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK LIYA III SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (670kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (153kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (317kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (375kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Melati, Christanti Puspita Melati 2022. Pengaruh media pop-up book
untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada
anak kelompok A di TK LIYA III Surabaya. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagodi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.,
Kata Kunci: Media pop-up book, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak
Usia Dini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan
media pop-up book dalam pembelajaran di TK LIYA III Surabaya.
Penggunaan media pop-up book dapat membantu anak untuk
mengenal huruf dengan mudah. Kondisi awal di LIYA TK III
Surabaya masih banyak anak yang belum mampu untuk
mengembangkan kemampuan mengenal huruf, menunjuk huruf,
membedakan huruf dan menglafal huruf. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh media pop-up terhadap pengenalan huruf
pada anak kelompok A TK LIYA III Surabaya. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan preexperimental design berupa one-group pretest-posttest design.
Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian terdapat pengaruh media pop-up book terhadap
kemampuan pengenalan huruf anak kelompok A di TK LIYA III
Surabaya yang dibuktikan dengan data pre-test dan post-test yang
diperoleh dengan bantuan SPSS v.28. menunjukkan bahwa nilai
hitung uji t adalah 26,737 maka otomatis Ho ditolak dan Ha diterima.
Sedangkan saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan bagi
pendidik PAUD dan orangtua supaya dapat menggunakan media popup book sebagai upaya meningkatkan kemampuan anak dalam
mengenal huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:15
Last Modified: 16 Nov 2022 04:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item
View Item