PENGARUH MEDIA KINTAR TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS REMAJA SURABAYA

Safitri, Utari Nuriya (2022) PENGARUH MEDIA KINTAR TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS REMAJA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan .pdf] Text
1. Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (453kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (376kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (348kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (23kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nuriya, Utari S. 2022. Pengaruh Media KINTAR Terhadap
Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK
Tunas Remaja Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Aisyah, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci : Media KINTAR, Kemampuan Keaksaraan Awal, Anak
Usia Dini.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa
kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun yang masih belum
berkembang. Hal ini disebabkan, guru hanya menggunakan
minimnya media yaitu bahan ajar lembar kerja anak , sehingga anak
merasa bosan dan kurang bersemangat .Oleh karena itu, peneliti
membuat media kreatif yaitu media KINTAR (Kincir Pintar). Media
KINTAR (Kincir Pintar) adalah media permainan yang dibuat
menyerupai kincir angin berbahan dasar triplek atau kayu diberi
gambar simbol huruf a, sampai z dengan berbagai macam warna dan
dihias dengan menarik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media
KINTAR terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6
tahun di TK Tunas Remaja Surabaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kuantitatif desain “One Group
Pretest Posttest Design” maka Uji T dengan menggunakan aplikasi
SPSS versi 24. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 anak usia
5-6 tahun di TK Tunas Remaja Surabaya. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan adalah metode observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil paired sample test menggunakan aplikasi
SPSS versi 24 menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan diatas
maka didapatkan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak
sehingga hipotesis kerja diterima dengan sangat signifikan. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa media KINTAR berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6
tahun di TK Tunas Remaja Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:42
Last Modified: 16 Nov 2022 04:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item
View Item