PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK A DI TK NURUL IKHSAN SUKODONO SIDOARJO

Rahayu, Ar Rohmah Puji (2022) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK A DI TK NURUL IKHSAN SUKODONO SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (701kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (415kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (163kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahayu, Ar Rohmah P. 2022. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap
Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A Di TK Nurul Ikhsan Sukodono
Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci: Metode Bercerita, Kerjasama, Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak dalam
bekerjasama yang masih rendah. Masih rendahnya kemampuan kerjasama
pada anak ini disebabkan kurangnya kegiatan pada proses pembelajaran yang
mampu untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Anak lebih
mementingkan diri sendiri dalam melakukan kegiatan selain itu masih
kurangnya rasa kepedulian terhadap teman sehingga anak belum mampu
bekerjasama dengan teman. Hal ini dikarenakan guru sebatas menggunakan
LKS pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga anak lebih terbiasa
untuk menyelesaikan tugas secara individu. Oleh karena itu, peneliti
menggunakan menggunakan metode bercerita untuk mengembangkan
kemampuan kerjasama anak. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan
kerjasama anak kelompok A di TK Nurul Ikhsan Sukodono Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif,
dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Penelitian ini
dilaksanakan di TK Nurul Ikhsan Sukodono Sidoarjo dengan jumlah subjek
sebanyak 28 anak kelompok A. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dengan menggunakan lembar observasi serta dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan adalah Ttest perolehan data dilakukan
dengan cara pre-test dan post-test setelah data diperoleh maka data akan
diolah dengan uji t menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24.
Berdasarkan hasil paired sample test menggunakan aplikasi SPSS
versi 24 menunjukkan hasil Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan
Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode
bercerita terhadap kemampuan kerjasama anak kelompok A di TK Nurul
Ikhsan Sukodono Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 05:03
Last Modified: 16 Nov 2022 05:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item
View Item