PENGARUH MEDIA LOTTO ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK LIYA III SURABAYA

Kurniawati, Marta (2022) PENGARUH MEDIA LOTTO ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK LIYA III SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (971kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (152kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Marta. 2022. Pengaruh Media Lotto Angka
Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada
Anak Kelompok A di TK Liya III Surabaya.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Drs. A. Fachrurrazi,
M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Bilangan, Lotto Angka,
Mengenal Bilangan, Anak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini. Dengan
menggunakan media lotto angka kegiatan ini dalam
menstimulasi aspek perkembangan kognitif pada anak. Melalui
media lotto angka dapat diharapkan kemampuan serta
kecerdasan anak dalam mengenal angka.
Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif
menggunakan jenis Pre-Eksperienental Design dengan bentuk
One Group Protest - Posttest Design. Penelitian ini
menggunakan motode observasi melalui istrumen . Subjek
dalam penelitian ini adalah 23 anak kelompok A di TK Liya III
Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis
statistik dengan rumus yang digunakan Ttest yang sesuai
dengan judul. Teknik analisis data yang digunakan
menggunakan Uji t.
Hasil dari penelitian menunjukan nilai t hitung = 6,88
lebih besar dari nilai ttabel (1,71714) untuk taraf signifikansi
0,05 dan (2, 50832) untuk taraf signifikansi 0,01 maka
Hipotesis Nol ditolak sehingga Hipotesis Kerja diterima
dengan sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran menggunakan media lotto angka
berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan pada
anak usia dini .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:08
Last Modified: 16 Nov 2022 08:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item
View Item