PENGARUH PENERAPAN BINA WICARA TERHADAP ARTIKULASI ANAK TUNARUNGU KELAS RENDAH DI SDLB B KARYA MULIA II SURABAYA

Rahmawati, Eka Nur (2022) PENGARUH PENERAPAN BINA WICARA TERHADAP ARTIKULASI ANAK TUNARUNGU KELAS RENDAH DI SDLB B KARYA MULIA II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (822kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (163kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Eka Nur Rahmawati. 2022. Pengaruh Penerapan Bina Wicara Terhadap Artikulasi
Anak Tunarungu Kelas Rendah di SLB B Karya Mulia Surabaya. Program
Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Ana Rafikayati, S.Pd., M.Pd.
pembimbing (2) Lutfi Isni Badiah, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Artikulasi, Bina Wicara, Tunarungu
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan bina wicara untuk meningkatkan
kemampuan artikulasi yang dimiliki oleh anak tunarungu yang masih kurang. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengeahui apakah dengan bina wicara terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan artikulasi anak tunarungu. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDLB B Karya Mulia II Surabaya yang
berjumlah 6 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan desain penelitian one
group pretest-posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer
melalui tes dengan menggunakan instrument tes. Menggunakan teknik analisis non
parametik yaitu dengan metode uji Wilcoxon Signed Rank dengan perhitungan
menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan
aplikasi SPSS versi 25 menunjukkan bahwa hasil penelitian t-hitung yang diperoleh
yaitu 0,028 dimana penelitian dikatakan berpengaruh apabila nial t-hitung kurang dari
0,05. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t-hitung >t-tabel sehingga H0
ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada artikulasi
anak tunarungu setelah diberikan bina wicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Khusus (PKh)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:01
Last Modified: 17 Nov 2022 05:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item
View Item